Tips Berjualan di Sosial Media - Twitter Marketing


Di edisi kali ini kita masih akan terus untuk mengulas tentang dunia perdagangan. Tips-tips marketing akan saya bahas kepada kalian untuk meraih keuntungan yang baik. Berikut ini saya persembahkan cara-cara kreatif yang mungkin kalian tidak sadari untuk menggunakan Twitter sebagai tempat buka lapak.

Berdagang sudah menjadi bagian dari hidup manusia sejak ribuan tahun silam, dan terus berkembang metode demi metode untuk memperbanyak uang dari penjualan produk.

Sosial media dijadikan sebagai sarana yang tepat untuk terus menumbuh-kembangkan produktivitas serta kualitas layanan antarmuka dari pedagang ke pembeli (customer). Salah satu sosial media yang cukup simpel, sederhana, dan mudah digunakan adalah Twitter.

Menurut Wikipedia, Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey pada tahun 2006 dan diluncurkan sebagai layanan sosial media terbatas (yang dimaksud terbatas ini adalah postingan status yang hanya berkisar 140 sampai 160 kata). Hingga pada akhir bulan Januari 2013, Twitter mempunyai 500 juta pengguna, 200 juta antaranya adalah pengguna aktif. Melihat dari kesempatan dan potensi yang dimiliki oleh Twitter, maka kita bisa menggunakan ini sebagai sarana untuk berdagang.

Berdagang di Twitter juga sangat simpel sama seperti desain web nya yang terstruktur dan dinamis. Twitter juga bisa memberikan kepada kalian pengalaman memakai yang baik, sehingga akan membuat kalian nyaman dalam menggunakan Twitter ini.

Twitter Marketing adalah cara yang digunakan untuk memasarkan suatu produk melalui sosial media Twitter. Yap, mungkin saja beberapa dari kalian bertanya dalam hati mengenai Twitter ini seperti berikut, "Teman saya di Twitter hanya sedikit, bahkan teman-teman sekolah dan lingkungan sekitar juga jarang yang menggunakan Twitter. Kalaupun ada palingan juga jarang aktif". Nah, kalian juga memiliki pandangan yang sama dengan saya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian harus berusaha terus untuk bergaul dan berkomunikasi dengan banyak orang. Atau kalian bisa membeli follower Twitter, bahkan menggunakan tool follower gratis di website www.freetwitterfollowers.com. Melalui sosmed Twitter ini juga bisa menambah presentasi income yang banyak bagi perusahaan Anda. Kuasailah Bahasa Inggris untuk bisa bergaul dengan orang lain, terlebih lagi kebanyakan pengguna aktif Twitter itu berasal dari Amerika Serikat, Inggris, serta Australia.

Berikut  ini adalah cara untuk mengoptimalkan berdagang menggunakan Twitter : 
  • Promosikan dagangan Anda menggunakan timeline Twitter
  • Perbanyaklah teman di Twitter Anda agar bisa menarik pembeli
  • Berikan user experience yang baik kepada calon pembeli
  • Selain itu juga kalian bisa sharing Twitter promosi kalian melalui banyak sosial media lain seperti LINE sehingga satu sama lain saling berkaitan
  • Jika kalian ingin lebih banyak dilihat lagi oleh orang luar, maka kalian bisa menambahkan hashtag yang berkaitan. Contohnya jika kalian ingin mempromosikan produk handuk Anda, maka kalian bisa menggunakan hashtag #handukmurah #handukindonesia #handukhalus dan lain semacamnya
  • Ikuti juga hashtag popular melalui Trend Twitter agar dapat lebih banyak calon konsumen
  • Buatlah daftar tentang bisnis Anda seperti gambar dibawah
  • Kalian juga bisa mencoba untuk mempromosikan produk lapak dengan menggunakan website seperti TwitterFeedTwittBot, atau mungkin yang lebih menarik adalah BotLibre yang bisa menggunakan animasi + suara dari sana nya guys!
  • Selain itu juga ada cara lain seperti mempromosikannya di akun Twitter terkenal, dan lain sebagainya
*Jika kalian ingin dimasukan ke dalam sebuah daftar (contoh daftar Blogging seperti gambar diatas), maka kalian perlu rajin untuk banyak-banyak men-tweet tentang suatu hal ditambah dengan hashtag. 

Kalau saya pribadi memang sering menggunakan hashtag #blogging pada Twitter untuk mempromosikan artikel saya pada blog ini, sehingga banyak sekali notifikasi daftar yang berkaitan dengan blogging dan desain di akun Twitter saya.


Komentar